12 Manfaat Jagung untuk Kesehatan

Jagung adalah salah satu produk pertanian dari tanaman pangan yang juga termasuk sebagai bahan pangan pokok. Namun, apa yang Anda tahu mengenai manfaat jagung untuk kesehatan? Berikut ini beberapa manfaat jagung yang perlu Anda ketahui.

  1. Baik untuk pencernaan, Jagung adalah salah satu makanan kaya serat, baik serat larut maupun tidak larut. Serat larut berfungsi membantu memblokir penyerapan kolesterol. Selain itu, konsumsi jagung mampu membuat buang air besar lebih lancar, menghindarkan dari penyakit sembelit, wasir, hingga kanker usus besar.
  1. Mencegah anemia, Jagung manis banyak mengandung vitamin B12 yang baik untuk mencegah terjadinya penyakit anemia akibat kekurangan vitamin B serta kandungan vitamin B12 tinggi dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan demikian, tubuh tahan terhadap berbagai serangan penyakit yang diakibatkan oleh virus ataupun bakteri berbahaya.
  1. Sumber energi, Jagung termasuk dalam sayuran bertepung yang mampu memberikan tenaga pada tubuh. Termasuk dalam jenis karbohidrat kompleks membuat konsumsi makanan ini dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga energi pun berlangsung stabil.
  1. Menurunkan kolesterol ldl, Jagung kaya vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid yang menjaga kesehatan jantung dengan mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, jagung juga mampu mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh.
  1. Bantu menaikkan berat badan, Jagung dikenal untuk pilihan karbohidrat bagi orang yang memiliki tubuh kurus. Hal ini disebabkan jagung kaya karbohidrat serta kalori yang bisa menambah berat badan bagi mereka yang kekurangan.
  1. Cegah diabetes dan hipertensi, Mengonsumsi secara teratur biji jagung dapat membantu pengelolaan insulin pada diabetes (penderita diabetes). Selain itu, melindungi dari hipertensi karena adanya kandungan phenolic phytochemicals. Phenolic phytochemicals mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh pasien diabetes dan memungkinkan mereka dapat mempertahankan gaya hidup yang normal.
  1. Menguatkan tulang, Jagung mengandung mineral seperti magnesium, zat besi, dan fosfor yang diperlukan dalam kesehatan tulang. Terpenuhinya nutrisi itu mencegah tulang retak saat tua.
  1. Baik untuk mata, Zat karotenoid pada jagung dapat mengurangi risiko gangguan penglihatan pada mata.
  1. Bersifat antikanker, Penelitian telah membuktikan anti-oksidan dalam jagung bisa membasmi kanker. Selain itu, sayuran yang termasuk biji-bijian ini sumber senyawa fenolik yang efektif melawan tumor pada payudara dan hati.
  1. Baik untuk ibu hamil, Jagung kaya asam folat yang berguna bagi ibu hamil. Kekurangan asam folat pada wanita hamil disebabkan oleh bayi lahir dengan berat badan kurang serta cacat saraf.
  1. Menjaga kesehatan jantung, Jagung yang diolah menjadi minyak jagung memiliki sifat anti-atherogenic sehingga melindungi dari penyakit kardiovaskular yang disebabkan oleh jantung.
  1. Cegah alzheimer, Jagung mengandung thymine yang dapat membantu kerja sel-sel otak atau fungsi kognitif. Senyawa ini juga dibutuhkan dalam sintesis asetilkolin yang penting bagi memori terkait fungsi ingatan seperti alzheimer.

 

Rate this item
(0 votes)
Super User

Selfies labore, leggings cupidatat sunt taxidermy umami fanny pack typewriter hoodie art party voluptate. Listicle meditation paleo, drinking vinegar sint direct trade.

www.themewinter.com

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.