E-Commerce TTI Dekatkan Petani dan Konsumen

Gonjang-ganjing harga produk pangan kerap membuat pemerintah harus menjadi 'pemadam kebakaran' mengatasi persoalan tersebut. Rendahnya harga di tingkat petani atau produsen dan melonjaknya harga di tingkat konsumen karena rantai pemasaran yang cukup panjang.

Guna menjaga stabilisasi harga pangan dan memotong mata rantai distribusi komoditas pertanian, sejak beberapa tahun terakhir, pemerintah mengembang Toko Tani Indonesia (TTI). Dengan keberadaan TTI diharapkan produsen dan konsumen mendapatkan harga yang wajar.

Dalam pengembangannya, pemerintah memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk membuka TTI. Artinya, pemerintah hanya mengelola TTI Centre, sedangkan masyarakat umum bisa mengelola atau membuka TTI di wilayahnya masing-masing.

Untuk meningkatkan pelayanan TTI, pemerintah pun mengembangkan e-commerce TTI. Dengan sistem online tersebut, produsen dan pengelola TTI dapat lebih mudah bertransaksi. Ibarat simbiosis mutualisme. Bagi produsen, baik petani maupun gabungan kelompok tani (gapoktan) tidak lagi kesulitan memasaran produknya. Sedangkan pengelola TTI lebih mudah mendapatkan barang.

"Aplikasi e-commerce TTI ini bisa diunduh di Playstore dengan nama Toko Tani Indonesia," kata Manajer TTIC, Inti Pertiwi Nasywari di Jakarta beberapa waktu lalu.

Namun, lanjutnya, aplikasi tersebut saat ini hanya untuk pengelola TTI dan produsen (petani dan gapoktan). Jadi, sifatnya masih business-to-business (B2B), bukan business to customer (B2C). "Username aplikasi ini hanya diberikan kepada produsen atau gapoktan dan pengelola TTI," katanya.

Namun, Inti menambahkan, pihaknya saat ini tengah membangun aplikasi B2C yang nantinya diharapkan lebih mudah mempertemukan produsen atau pengelola TTI dengan konsumen.

 

Rate this item
(0 votes)
Super User

Selfies labore, leggings cupidatat sunt taxidermy umami fanny pack typewriter hoodie art party voluptate. Listicle meditation paleo, drinking vinegar sint direct trade.

www.themewinter.com

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.